KANTOR LEGALITAS

Konsultan Legal & Perizinan Usaha

PP 24 Tahun 2018, Pelaku Usaha Wajib Daftar Nomor Induk Berusaha (NIB)

ByLEGALITAS

PP 24 Tahun 2018, Pelaku Usaha Wajib Daftar Nomor Induk Berusaha (NIB)

Legalitas.co.id | Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission yang selanjutnya disingkat OSS maka setiap pelaku usaha baik perorangan maupun non perorangan yang  melakukan usaha  wajib melakukan pendaftaran atau memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada Lembaga OSS selaku penerbit Perizinan Berusaha.

Nomor Induk Berusaha yang selanjutnya disingkat NIB adalah identitas Pelaku Usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS setelah Pelaku Usaha melakukan Pendaftaran.

Untuk mendapatkan Nomor Identitas Berusaha (NIB) tersebut pelaku usaha cukup mendaftar atau mengajukan permohonan secara online dengan mengakses website di oss.go.id, dan pada saat melakukan pendaftar pemohon wajib mempersipakan sejumlah dokumen yaitu Akta Notaris perusahaan yang sudah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum da HAM RI (untuk jenis Badan Hukum PT), NPWP Perusahaan, KTP dan NPWP Pribadi penanggung jawab perusahaan.

Selain menyiapkan dokumen tersebut, hal yang paling penting dipastikan adalah NPWP Badan Usaha dan NPWP Pribadi penanggung jawab perusahaan harus dalam kondisi aktif atau tidak sedang diblokir oleh kantor pajak KPP penerbit NPWP.

Jika persyaratan tersebut sudah terpenuhi, maka permohonan NIB pada umumnya pasti akan disetujui dan diterbitkan oleh OSS. Dan dengan adanya NIB ini, para pelaku usaha sudah tidak perlu mengajukan izin usaha seperti SIUP, TDP, dan izin usaha lainnya lagi, karena dokumen-dokumen izin tersebut sudah disatukan dalam NIB.  Cukup dengan NIB (Nomor Induk Berusaha) yang bisa diurus selama 30 menit.

(1) Pemohon Perizinan Berusaha terdiri atas :

a. Pelaku Usaha perseorangan; dan

b. Pelaku Usaha non perseorangan.

Pelaku Usaha perseorangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a merupakan orang perorangan penduduk Indonesia yang cakap untuk bertindak dan melakukan perbuatan hukum.

(3) Pelaku Usaha non perseorangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b terdiri atas:

  1. perseroan terbatas;
  2. perusahaan umum;
  3. perusahaan umum daerah;
  4. badan hukum lainnya yang dimiliki oleh negara;
  5. badan layanan umum;
  6. lembaga penyiaran;
  7. badan usaha yang didirikan oleh yayasan;
  8. koperasi;
  9. persekutuan komanditer (commanditaire vennootschap);
  10. persekutuan firma (venootschap onder firma); dan
  11. persekutuan perdata.

Pada lampiran PP No. 24 Tahun 2018 ini, sudah ada 39 jenis perizinan usaha baik Izin Usaha PMA maupun PMDN yang kewenangan penerbitannya telah dilimpahkan kepada lembaga OSS. 

Demikianlah informasi sederhana mengenai pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha), semoga informasi yang kami sajikan ini bisa membantu Anda.


Anda membutuhkan jasa pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB)? Kami adalah ahlinya.

Kami merupakan perusahaan terpercaya di Jakarta yang sudah lama menyediakan jasa pengurusan perizinan usaha, dimulai dari pengurusan pendirian perusahaan, seperti Perseroan Terbatas (PT, PMA), CV, Firma, Yayasan maupun Koperasi, (termasuk juga pengurusan Nomor Induk Berusaha/NIB) dll..

Kami siap membantu Anda dalam mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan perizinan lainnya, biarkan kami yang bekerja untuk Anda.

Ayo, Tunggu Apalagi, Segera Hubungi Kami di : 0813.8101.5841 Dengan Senang Hati Kami Akan Melayani Anda.

Untuk informasi mengenai prosedur dan biaya pendirian PT, pendirian CV, serta konsultasi perizinan usaha di indonesia hubungi Tim Legalitas.co.id di Telp: 0813. 8101.5841 atau email: admin@legalitas.co.id

Follow twitter kami @legalit4s dapatkan konsultasi gratis dan tips seputar bisnis dan perizinan usaha.

About the author

LEGALITAS administrator

Konsultan Legal dan Perijinan Usaha di Jakarta dan sekitarnya

32 comments so far

DHanPosted on12:32 am - Jul 2, 2019

Min, kalau sudah mendapatkan NIB, berarti gak perlu lagi mengajukan nomor induk kepabeanan dong? mohon advice nya

KugiePosted on12:28 am - Jul 18, 2019

Min kalau saya mau buat NIB sebagai Pelaku Usaha Perorangan berarti tidak harus mendirikan PT, CV , atau sejenisnya ya?

Terima kasih sebelumnya, Min.

    LEGALITASPosted on8:19 pm - Jul 29, 2019

    Dear,
    Iya benar, bapak/ibu bisa mendaftarkan NIB jenis perorangan, karena itu tidak perlu lagi harus mendirikan PT atau CV atau badan usaha sejenisnya. Karena NIB itu hanya perlu mendaftar sesuai dengan kegiatan usahanya.

fRedPosted on9:38 am - Jul 18, 2019

trus gimana dgn kewajiban untuk penyampaian LKPM? apakah benar setelah mendapatkan NIB maka setiap perusahaan harus rutin membuat LKPM lagi?

liaPosted on1:54 pm - Jul 22, 2019

Pak. kalo UD apa wajib bikin NIB?
makasih

    LEGALITASPosted on8:16 pm - Jul 29, 2019

    Dear,

    Iya wajib bu. semua pelaku usaha baik perorangan maupun badan usaha sejenis, misalnya UD, CV, PT, yayasan, Koperasi, dan BUMD, BUMN dan bentuk badan usaha lainnya.

    EviPosted on11:38 am - Aug 2, 2019

    Min. Cv saya sdh punya nib. Kenapa waktu mau membuat rekening perusahaan hatus memnyertakan siup? Bukankah nib sdh mencakup siup ? Tolong diberi pencerahan

      LEGALITASPosted on8:48 pm - Aug 23, 2019

      Dear,

      Untuk Cv yang berkedudukan di DKI jakarta, tidak bisa hanya NIB tetap harus juga mengurus SIUP TDP yang diterbitkan oleh Pemda DKI jakarta melalui sistem OSS.

reniPosted on4:01 pm - Jul 22, 2019

min untuk ajukan NIB harus ada surat domisili gedung ga

AnonimPosted on7:33 am - Jul 24, 2019

Ini berlaku utk perusaaan se indonesia ?

Agus suhermanPosted on2:25 pm - Aug 1, 2019

Admin,
Paling lambat kapan meng-NIB-kan utk PT ?

EddiePosted on2:48 pm - Aug 9, 2019

Kalau cv belum punya sbu apa wajib daftar oss juga?

leonardPosted on12:27 pm - Aug 14, 2019

Dear Admin,
mau sharing utk perorangan yg menjual alat/mesin kesehatan utk dokter apakah boleh mengurus siup pribadi saja?
terima kasih

    LEGALITASPosted on8:43 pm - Aug 23, 2019

    Dear,

    Kami kurang paham jenis alkes yang akan diperjualkan atau diedarkan. Namun pada umumnya penyalur atau penjual alkes harus dalam bentuk badan hukum PT dan memiliki Izin IPAK & Izin Edar dari kemenkes RI.

HendraPosted on10:33 pm - Aug 26, 2019

Dear Admin,
Apakah perusahaan yang sudah memiliki NIB, kemudian pindah domisili perlu memperbaharui alamat NIB nya? apa dampaknya bila tidak? dan apa ada dasar hukum terkait pengaturan tsb? terimakasih

LIaPosted on5:26 pm - Sep 2, 2019

Dear Admin

PT kami sudah memiliki NIB, Apakah NIB perlu diperpanjang, kalau perlu bagaimanakah caranya?
terimakasih

LIaPosted on5:31 pm - Sep 2, 2019

Dear Admin

PT kami sudah memiliki NIB. yang mau saya tanyaka, Apakah NIB ada expired datenya? Apabila ada bagaimana kah cara perpanjangan NIB tersebut?
Mohon infonya. terima kasih

TitinPosted on9:59 am - Sep 10, 2019

Dear Admin,

Untuk perusahaan lama apakah perlu untuk mengurus NIB?SIUP dan TDP sudah ada tetapi kami belum mengurus NIB, meski perusahaan kecil apakah harus mengurus NIB? Terima kasih

hendraPosted on10:13 am - Sep 15, 2019

bila sudah mendapat kan NIB tetapi kantor pindah, apakah bisa dirubah alamat NIB nya lewat OSS?

    LEGALITASPosted on4:54 pm - Sep 15, 2019

    Dear,

    Boleh, silahkan saja dicoba melalui sistem oss. Jika tidak bisa kemungkinan ada perubahan aturan pada sistem oss, karena saat ini sistem oss masih dalam proses pengembangan sistem.

Tude AnggaPosted on8:54 pm - Oct 6, 2019

Untuk UD apakah perlu menggunakan imb?

    LEGALITASPosted on2:59 pm - Oct 14, 2019

    Dear,

    Lokasi UD nya dimana pak, lalu UD nya bergerak di bidang usaha apa. Jika melakukan kegiatan usaha industri terkadang IMB memang diperlukan, untuk mendapatkan izin usaha. terimakasih.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.